Tari modern adalah bentuk
tarian yang dikembangkan pada awal abad ke-20. Meskipun istilah tari
modern juga telah diterapkan pada kategori ballroom 20th Century tarian,
tari modern sebagai istilah yang biasanya mengacu pada abad ke-20
konser tarian.
Asal
Pada
awal 1900-an penari Amerika Isadora Duncan dan Ruth St Denis dan penari
Jerman Maria Wigman mulai memberontak terhadap batasan-batasan yang
kaku Ballet Klasik. Shedding kontrol otoriter sekitarnya teknik balet
klasik, kostum, dan sepatu, awal ini perintis tari modern berfokus pada
diri-ekspresi kreatif, bukan pada keahlian teknis. Tari modern yang
lebih santai, gaya bebas di mana koreografer tarian menggunakan emosi
dan suasana hati untuk merancang langkah-langkah mereka sendiri,
berlawanan dengan kode terstruktur balet yang langkah. Memiliki
penggunaan yang disengaja gravitasi, sedangkan balet berusaha untuk
menjadi terang dan lapang.
Eropa
Di Eropa, Maria
Wigman, Francois Delsarte, Émile Jaques-Dalcroze, dan Rudolf von Laban
mengembangkan teori pergerakan manusia dan ekspresi, dan metode
pengajaran yang mengarah pada perkembangan Eropa ekspresionis modern dan
tarian. Teori-teori dan teknik mereka menyebar baik di luar Eropa untuk
mempengaruhi perkembangan tari modern dan teater melalui siswa dan
murid-murid mereka, dan generasi berikutnya guru dan penyanyi membawa
teori-teori dan metode ke Rusia, Amerika Serikat dan Kanada, Inggris,
Australia dan New Selandia.
Sejarah
* 1891 - Loie
Fuller (rok penari yang bersifat olok-olok) mulai bereksperimen dengan
efek pencahayaan gas telah di sutra kostum. Fuller mengembangkan sebuah
bentuk gerakan alam dan improvisasi teknik yang digunakan dalam
hubungannya dengan pencahayaan revolusioner peralatan dan kostum
transparan sutra. Dia dipatenkan dengan aparat dan metode pencahayaan
panggung yang mencakup penggunaan gel berwarna dan pembakaran bahan
kimia untuk pendaran, dan juga dipatenkan nya sutra tebal kostum
panggung.
* 1903 - Isadora
Duncan mengembangkan teknik tari dipengaruhi oleh filsafat dari
Friedrich Nietzsche [rujukan?] Dan keyakinan bahwa tarian Yunani kuno
[rujukan?] (Alam dan bebas) adalah tarian masa depan. Duncan
mengembangkan filsafat tari didasarkan pada konsep alam dan spiritual
dan menganjurkan untuk penerimaan tari murni sebagai seni tinggi.
* 1905 - Ruth St
Denis, dipengaruhi oleh aktor Sarah Bernhardt dan Jepang Sadha penari
Yacco, mengembangkan terjemahan nya kebudayaan dan mitologi India.
Pertunjukan nya dengan cepat menjadi populer dan ia mengunjungi
sementara secara ekstensif meneliti budaya dan seni Oriental.
Fuller, Duncan dan
St Denis mencari semua melakukan tur Eropa yang lebih luas dan lebih
menerima penonton untuk pekerjaan mereka. Ruth St Denis kembali ke
Amerika Serikat untuk melanjutkan pekerjaannya. Isadora Duncan kembali
ke Amerika Serikat pada berbagai titik dalam hidupnya, tetapi
pekerjaannya tidak terlalu baik diterima di sana. Dia kembali ke Eropa
dan meninggal di Paris pada tahun 1927. Fuller kerja juga mendapat
dukungan kecil di luar Eropa.
Awal tari modern
Pada
tahun 1915, Ruth St Denis Dorthy mendirikan sekolah dan menari
Denishawn perusahaan dengan suaminya Ted Shawn. Sementara St Denis
bertanggung jawab atas sebagian besar karya kreatif, Shawn bertanggung
jawab untuk mengajar teknik dan komposisi. Martha Graham, Doris
Humphrey, dan Charles Weidman semua murid di sekolah dan anggota
perusahaan dansa.
* 1923 Graham daun Denishawn untuk bekerja sebagai artis solo di Greenwich Village Follies.
* 1928 Humphrey dan Weidman meninggalkan Denishawn untuk mendirikan sekolah mereka sendiri dan perusahaan (Humphrey-Weidman).
*
1933 Shawn nya semua laki-laki mendirikan kelompok tari Ted Shawn and
His Men Penari berbasis di Jacob's Pillow peternakan di Lee,
Massachusetts.
Setelah shedding
teknik dan metode komposisi guru-guru mereka penari modern awal
mengembangkan metode mereka sendiri dan ideologi dan teknik tari yang
menjadi dasar bagi praktik tari modern.
* Martha Graham (dan Louis Horst)
* Doris Humphrey dan Charles Weidman dan Martha Graham
* Helen Tamiris -
awalnya dilatih dalam pergerakan bebas (Irene Lewisohn) dan balet
(Michel Fokine) Tamiris belajar sebentar dengan Isadora Duncan tetapi
tidak menyukai penekanan pada ekspresi pribadi dan gerakan liris.
Tamiris percaya bahwa setiap tari harus membuat ekspresif sendiri dan
dengan demikian berarti tidak mengembangkan gaya individu atau teknik.
Sebagai koreografer Tamiris membuat karya berdasarkan tema-tema Amerika
bekerja di kedua konser musik tari dan teater.
* Lester Horton -
memilih untuk bekerja di California (tiga ribu mil jauhnya dari pusat
tari modern - New York), Horton mengembangkan pendekatan sendiri yang
menggabungkan unsur-unsur beragam termasuk penduduk asli Amerika Jazz
tarian dan modern. Horton's dance technique (Lester Horton Technique)
menekankan pendekatan seluruh tubuh termasuk; fleksibilitas, kekuatan,
koordinasi, dan kesadaran tubuh untuk mengizinkan kebebasan berekspresi.
* Ted Shawn
Eropa ekspresionis modern dan tari
* Émile Jaques-Dalcroze (Eurhythmics)
* Rudolf Laban
* Kurt Jooss
* Mary Wigman
* Harald Kreutzberg
Amerika popularisasi Modern Dance
Pada
tahun 1927 surat kabar secara teratur mulai menugaskan para kritikus
tari, seperti Walter Terry, dan Edwin Denby, yang mendekati penampilan
dari sudut pandang sebuah gerakan spesialis bukan sebagai reviewer musik
atau drama. Pendidik diterima tari modern ke dalam kurikulum perguruan
tinggi dan universitas, pertama sebagai bagian dari pendidikan jasmani,
maka sebagai seni pertunjukan. Banyak perguruan tinggi guru yang dilatih
di Bennington Summer School of the Dance, yang didirikan di Bennington
College di tahun 1934.
Dari program
Bennington, Agnes de Mille menulis, "... ada percampuran yang baik dari
semua jenis seniman, musisi, dan perancang, dan kedua, karena semua
mereka yang bertanggung jawab untuk pemesanan rangkaian konser perguruan
tinggi di seluruh benua itu berkumpul di sana. ... bebas dari striktur
membatasi dari tiga besar pengurus monopoli, yang mendesak untuk
preferensi klien mereka di Eropa. Sebagai akibatnya, untuk pertama
kalinya Amerika penari disewa untuk wisata nasional Amerika, dan ini
menandai awal solvabilitas mereka. " (de Mille, 1991, hal 205)
0 komentar:
Posting Komentar